WASPADAI GEJALA KANKER NASOFARING

Sunday, October 11, 2009

Tumor ganas dihidung dan dibagian kepala dapat menyebabkan kanker, yang dikenal dengan istilah kanker nasofaring. Penyakit yang terjadi dibagian hulu kerongkongan yang berhubungan dengan hidung ini dapat dipicu oleh beberapa faktor, seperti faktor keturunan, pola hidup tidak sehat, serta sering mengkonsumsi makanan yang diawetkan seperti ikan asin dan daging asin.

Persentase penderita kanker nasofaring berhubungan erat dengan geografis dan ras. Tidak menutup kemungkinan penyakit ini dapat menyerang orang dari ras lain, termasuk indonesia, dengan jumlah perbandingan penderita antara pria dan wanita 4:1 dan sering diderita pada usia 30-60 tahun.

Tanda klinis dari kanker nasofaring stadium awal tidak terlalu jelas. Pada tanda klinis dari kanker nasofaring stadium sedang dan akhir dapat terjadi gejala seperti mimisan, vertigo, hidung tersumbat, telingan berdengung. Gejala lain kanker nasofaring berupa penglihatan tidak jelas, demam, dan setelah terjadi penyebaran kelenjar getah bening dileher, akan terlihat jelas. Pemeriksaan terhadap kanker nasofaring adalah CT-Scan, pharyngorhinoscopy, dan biopsy, serta pemeriksaan darah dengan virus EB (IGA/VCA dan IGA/EA).

Pengobatannya sendiri didasarkan atas pembagian stadium dan jenis sel kankernya. Untuk itu, sebagian tindak pengamanan, penderita harus memilih rumah sakit yang tepat dan khusus menangani kanker, kemudian harus mencari metode pengobatan yang tepat.

Metode lama yang relatif efektif adalah kemoterapi dan radioterapi. Sementara, berdasarkan penelitian beberapa tahun, saat ini ada beberapa metode baru untuk membantu mengatasi kanker nasofaring. Seperti yang diterapkan di Modern Hospita Guangzhou, china yaitu penanaman partikel seed- menanamkan partikel seed secara lokal di nasofaring yang bertujuan untuk mematikan sel kanker, terapi photodynamic, terapi superconducting genetic, terapi immune dan pengobatan herbal. Metode pengobatan baru tersebut diatas lebih aman, tepat sasaran, aman, efek samping minimal, dan hasil maksimal. Metode ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup pasien.


Artikel ini dikutip dari Harian Kompas Klasika

Artikel Terkait



0 comments:

ARTIKEL PENGHASIL UANG

  © Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia Wild Birds by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP