MENGENAL SEKOLAH BERNUANSA INTERNASIONAL

Wednesday, January 6, 2010

Bermunculannya sekolah-sekolah yang bernuansa” Internasional” di Indonesia, memberikan reaksi yang beragam. Ada yang setuju, ada juga yang ragu-ragu. Keraguan ini terlihat dari kebingungan orang tua dalam memilih sekolah dengan nuansa “Internasional” yang tepat. Agar tidak bingung berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan.

Pertama, perhatikan kurikulum yang digunakan oleh sekolah tersebut. Dengan mengunakan kurikulum yang mengacu pada kurikulum internasional, para pelajar siap melangkah kejenjang pendidkan diluar negeri. Hal ini membuktikan hasil belajar-mengajar didalam negeri pun tidak jauh berbeda dengan yang menuntut ilmu diluar wilayah indonesia.

Kedua, perhatikan kualitas guru yang mengajar disekolah tersebut. Informasi seperti ini dapat anda peroleh dengan bertanya kepada orangtua yang telah menyekolahkan anaknya disekolah tersebut. Anda juga dapat langsung mengunjungi sekolah tersebut, untuk melihat secara langsung kinerja dan cara mengajar gurunya.

Ketiga, perhatikan fasilitas apa saja yang ditawarkan disekolah tersebut. Selain fasilitas pelengkap seperti gedung yang luas dan bagus, sekolah tersebut sebaiknya mengutamakan fasilitas penunjang pendidikan seperti, ruang kelas yang nyaman, laboratorium (bahasa, IPA, Komputer), ruang perpustakaan, ruang kesenian, serta fasilitas olahraga.

Keempat, carilah keunggulan dari sekolah tersebut. Sekolah seperti ini memang beragam bentuk dan jenisnya. Oleh sebab itu, sebaiknya anda memilih sekolah yang memiliki nilai lebih serta sesuai dengan harapan. Sebagai contoh, di Singapore Internasional School (SIS) yang selain berkurikulum internasional, juga menerapkan kultur budaya Timur yang tinggi dalam hal molaritas serta kekuatan fisik dasar mental yang baik terhadap seni dan budaya.

Kelima, diskusikan terlebih dahulu dengan anak. Agar anak nyaman dan betah disekolah seperti ini. Berilah mereka gambaran dan pengertian tentang sekolah yang akan mereka tuju. Jika sama-sama setuju, tentunya anak dan orangtua akan menjalani hari-hari disekolah tersebut dengan bahagia.


Dikutip dari Harian Kompas (Klasika)
Gambar dikutip dari http://alexemdi.files.wordpress.com/ dan http://www.dimonim.com/

Artikel Terkait



2 comments:

Unknown January 14, 2010 at 3:24 PM  

salam sahabat
wah bagus siip infonya kalo di negri kita dah menerapak sistem ini yach??oh iya set-up kotak komentar di bawah postingan mas,biar saya koment lancar kalo kena pop-up seperti ini sering trouble maaf ya..good luck

Ambar January 16, 2010 at 7:42 AM  

halo salam kenal..
aku setuju aja dengan dengan adanya sekolah2 bernuansa international seperti ini..
asalkan itu tidak membebani anak-anak..

ARTIKEL PENGHASIL UANG

  © Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia Wild Birds by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP