TRIK MEMBACA EFEKTIF

Wednesday, October 14, 2009

Membaca adalah salah satu ciri orang pandai. Melalui membaca, anda akan mendapatkan berbagai informasi, baik yang lama maupun yang baru. Sayangnya, kebiasaan membaca diindonesia belumlah terlalu digemari. Salah satu kendalanya adalah masalah waktu. Untuk menyiasatinya, berikut ini adalah beberapa kiat membaca yang efektif.

Pertama, belajar membaca cepat. Tanpa disadari, banyak orang yang memiliki kebiasaan membaca yang kurang cepat. Ya, kebiasaan-kebiasaan seperti menggerakkan bibir, menunjuk tulisan, dan vokalisasi bacaan akan memperlambat anda ketika membaca.

Oleh sebab itu, ubahlah kebiasaan-kebiasaan tersebut dengan kebiasaan yang lebih positif. Contohnya, biasakanlah sering-sering membaca buku, surat kabar, atau majalah. Semakin anda sering membaca, maka kecepatan membaca anda pun semakin terasah.

Kedua, tidak mengulangi kembali kalimat yang sudah dibaca. Banyak kejadian, ketika sedang membaca, ada kalimat yang kurang dimengerti. Akhirnya, anda akan kembali membaca kalimat tersebut. Hal ini tentu tidak efektif. Oleh sebab itu, agar tidak terjadi hal seperti ini, cobalah anda konsentrasi ketika membaca.

Ketiga, baca tulisan dengan teratur kadang- kala, karena ingin cepat-cepat selesai membaca, anda membaca paragraf secara tidak teratur. Hasilnya, bukan bertambah paham malah tambah bingung. Untuk menyiasatinya, bacalah bacaan secara teratur paragraf ke paragraf.



Dikutip dari : Artikel Harian Kompas (klasika)

Artikel Terkait



ARTIKEL PENGHASIL UANG

  © Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia Wild Birds by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP