PERAN MUSIK BAGI PERKEMBANGAN ANAK

Sunday, October 11, 2009

Dalam membesarkan anak, banyak faktor penting yang mendukung perkembangannya. Pola asuh orangtua merupakan faktor utama. Tetapi, faktor luar juga dapat membantu, salah satunya melalui musik.

Banyak pemelitian yang telah dipublikasikan pada beberapa tahun terakhir ini, menguatkan alasan bahwa pelajaran musik memiliki efek positif terhadap perkembangan otak anak. Maka, akan baik jadinya apabila sejak usia dini, buah hati anda dapat diperkenalkan dengan musik.

Usia yang ideal untuk memulai pelajaran musik antara 3-6 tahun. Usia tersebut merupakan waktu terbaik untuk perkembangan pendengaran. Beranjak ke usia 8-9 tahun, otak kanan dan kiri akan terhubung dan mengalami penebalan pada penghubung otak kanan dan kiri. Apabila diberikan pendidikan musik sebelum usia 8 tahun, maka dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak.

Musik dipercaya dapat membantu perkembangan mental anak, meningkatkan koordinasi fisik, dan menambah keterampilan berbahasa. Selain itu musik dapat membantu meningkatkan kemampuan matematis dan sosial, melatih daya ingat dan juga kreativitas sibuah hati.

Langkah awal untuk mengenalkan musik pada anak dapat berupa mengajak anak untk mendengarkan musik saat sebelum tidur. Saat tersebut bisa anda pakai, dengan memutar kaset atau compact disc (CD) lagu atau musik instrumental yang membuat relaksasi, sembari membacakan buku cerita. Kaset untuk anak bisa juga berupa cerita dongeng dilengkapi diiringi bunyi-bunyian dan musik pengiring. Anda pun dapat melatih sistem motorik sikecil dengan mengajaknya untuk memeragakan cerita yang dibawakan.

Selain melalui mendengarkan CD, anda dapat membawa sang buah hati untuk belajar ditempat kursus musik. Usia dini adalah moment yang baik untuk mengenalkan musik. Kursus musik mempunyai banyak manfaat, mulai dari perkembangan otak hingga mengontrol emosi anak. Manfaat lainnya, menigkatnya kemampuan bersosialisasi diawali dengan interaksi sianak dengan pengajar dan dengan teman-teman ditempat kursus.

Hal lain yang didapat dari bermain musik adalah melatih empati dan menumbuhkan musikalitas anak dengan menggunakan lagu dab gerakan-gerakan yang merangsang koordinasi bagian otak. Alat musik yang direkomendasikan dipakai untuk usia dini adalah piano dan organ. Dentingan kedua alat musik tersebut bisa merangsang otak anak untuk lebih kreatif. Biola dan gitar juga baik untuk dipelajari anak anda sejak kecil.

Artikel ini dikutip dari Harian Kompas Klasika

Artikel Terkait



0 comments:

ARTIKEL PENGHASIL UANG

  © Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia Wild Birds by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP