BERBURU KUALITAS DARI SEORANG GURU

Sunday, October 11, 2009

Indonesia memang dikenal sebagai negara yang memiliki banyak sumber daya alam. Namun, ironisnya, kita masih kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal. Nah, disinilah faktor guru berperan penting dalam mendidik generasi-generasi muda yang tangguh di masa depan.

Tak dapat dimungkiri, pendidikan dapat menjadi modal dasar untuk memajukan bangsa ini. Melalui pendidikan yang berkualitas, negara kita pun mampu bersaing dikancah internasional.

Berbicara pendidikan yang berkualitas, tentu membutuhkan guru yang berkualitas juga. Menurut Wendy Armunando Head og Professional Development Programmes Sampoerna Foundation Teacher Institute, guru yang berkualitas adalah guru yang dapat mengajar secara dua arah, mengerti karakteristik semua siswa dikelas, paham mengenai manajemen kelas, dan mampu memanfaatkan teknologi.

Namun, sayangnya belum semua guru memiliki kualitas yang sama. Apalagi, masih ada anggapan bahwa profesi guru bukanlah profesi yang menjanjikan di masa depan. Padahal, seperti kita ketahui, kini profesi guru mulai menjadi primadona. Hal ini sejalan dengan maraknya sekolah-sekolah seperti sekolah nasional plus yang tentunya menawarkan penghasilan yang plus juga. Selain itu, pemerintah pun telah menyediakan anggaran dana sebesar 20% di APBN dibidang pendidikan. Belum lagi dengan intensif atau tunjangan dari pemerintah daerah masing-masing.

Melihat kondisi tersebut, Sampoerna Fondation mendirikan sekolah untuk guru yaitu Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) yang juga disebut Putera Sampoerna School of Education (SEE).

Ternyata profesi guru merupakan profesi yang menjanjikan dimasa depan. Apalagi profesi guru adalah profesi yang mulia. Jadi, kini saatnya menciptakan generasi yang tangguh melalui guru-guru yang berkualitas.

Artikel ini dikutip dari Harian Kompas Klasika

Artikel Terkait



0 comments:

ARTIKEL PENGHASIL UANG

  © Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia Wild Birds by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP