KOMPOSISI FURNITURE DAN RUANG

Monday, October 26, 2009


Pernahkah anda merasa berbeda ketika menata furniture yang baru anda beli kedalam rumah anda. Tampilan yang anda lihat saat dishowroom ternyata tidak menghasilkan efek yang sama saat ditata dirumah??. Padahal desain telah sesuai dengan arsitektur bangunan, selera dan kebutuhan anda. Namun mungkin ada satu hal yang terlupa, yaitu menyesuaikannya dengan kebutuhan ruang.

Gara-gara sudah terpincut dengan warna dan desarin sebuah furniture, kerap terlupa bahwa keselarasannya dengan ruang dirumah juga harus diperhatikan. Satu elemen saja terlupakan, maka desain furniture seindah apapun bisa lain efeknya jika tidak diperhitungkan dengan tepat. Dalam hal ini memerhatikan proporsional dan komposisi ruang sesuai dengan ukurannya sangatlah penting.

Yang utama tentu saja menyesuaikan ukuran furniture dengan lahan ruang terasa penuh dan menyulitkan “traffic” saat beraktivitas didalamnya. Sementara jika terlalu mungil, tetap tidak terlihat proporsional sehingga estetika yang ingin dibangun tidak tercapai.

Jarak antara lantai dan langit-langit ruangan pun memengaruhi pilihan desain furniture. Jika terbilang tinggi, misalnya 3,20 meter, bisa menggunakan kursi dengan sandaran punggung yang cukup tinggi hingga menopang kepala.

Sebaliknya, jika langit-langit rendah furniture tinggi tidak disarankan. Pasalnya ruangan akan terlihat semakin pendek dan penuh. Langit-langit ruang yang rendah bisa disiasati dengan menggunakan furniture berkaki dan bersandaran rendah, sehingga memberi efek ruang terlihat lebih lapang.

Efek serupa juga dapat diciptakan lewat permainan motif dan warna pada furniture. Ruang sempit bisa dibuat lebih tinggi lewat permainan garis vertikal pada jok furniture. Pilih warna senada dengan bidang dinding atau jika ingin lebih mudah bisa menggunakan furniture tanpa motif dengan warna terang. Itu sebabnya warna-warna netral seperrti cokelat muda atau putih tetap digemari. Selain memberi kesan lapang, warna inipun tak lekang oleh zaman.


Artikel ini dikutip dari Harian Kompas klasika

Artikel Terkait



4 comments:

Rihar Diana(dhana) October 26, 2009 at 10:34 AM  

salam sahabat
ehm..siip juga loh postingnya..good luck ya..

YanTsen Manik October 26, 2009 at 4:43 PM  

@ dhanda : Terima kasih. semoga kita bisa menjadi blogger sejati..

salam sahabat

Franky October 27, 2009 at 3:34 AM  

wah jago desain interior nih kelihatannya.salam ya

YanTsen Manik October 27, 2009 at 8:38 AM  

@ Franky : salam sahabat juga, saya bukan desain interior, tapi hanya blogger pemula. kalau gambar-gambar autocad sehh lancar...he..he.he.

ARTIKEL PENGHASIL UANG

  © Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia Wild Birds by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP