TIPS STOP MEROKOK

Tuesday, October 27, 2009

Jika anda berencana stop merokok (dan memang sudah seharusnya), inilah caranya :

1. TENTUKAN tanggal yang pasti untuk stop total merokok selamanya. Mencoba berhenti merokok secara bertahap hanya akan membuat anda kian menderita dan semakin besar kecolongan untuk merokok lagi.

2. JANGAN bilang siapa-siapa soal niat anda itu – bahkan pada hewan piaraan anda sekalipun. Jika anda mengatakan niat anda pada orang disekitar anda, maka niat anda akan dipertanyakan dan diperdebatkan. Hindari tekanan psikologis tambahan semacam itu dengan menyimpan niatan anda itu untuk diri anda sendiri. Jika cara ini tidak berhasil, barulah anda beritahukan niat anda pada semua orang.

3. OLAHRAGA teratur. Matikan keinginan otak anda untuk meraih rokok dengan memberi beban lebih banyak pada otak anda via olahraga. Masukkan latihan cardio atau aerobic – jogging, renang, stairclimbing, dll – kedalam program fitness anda. Semuanya itu akan membuat anda relaks dan mencegah turunnya metabolisme akibat rokok.

4. UBAH olahraga anda. Jangan terus menerus melakukan jenis olahraga yang sama itu itu saja. Coba jenis olahraga, set dan reps lainnya. Jangan lewat depan toko dimana anda biasa beli rokok anda. Segeralah mandi setelah bangun tidur. Katakan pada teman sesama perokok anda untuk tidak menawarkan rokok pada anda.

5. TETAPKAN tujuan yang realistis. Pertama kali mencoba stop merokok, akan ada kecolongan dari hari ke hari (jam ke jam jika anda perokok berat). Itu wajar saja. Kemudian cobalah dari minggu ke minggu. Lalu tiap 2 minggu sekali. Dan seterusnya. Jangan langsung stop merokok secara drastis dan permanen. Jika keadaan terasa kian memberatkan anda, katakan pada diri sendiri jika anda tunggu 10 menit lagi sebelum mulai merokok. Selama 10 menit itu, mulailah lakukan push up atau jogging, salah satu saja. Seusai push up/jogging, dijamin keinginan untuk merokok akan jauh berkurang, apalagi jika anda sudah kehabisan nafas karenanya.

6. PAKAI tangan lain saat merokok. Jika selama ini anda biasa pakai tangan kanan, kali ini gunakanlah tangan kiri anda. Jangan nyambi melakukan hal lain saat merokok. Resapi bagaimana rasanya merokok dengan cara itu.

7. PERSEMPIT lokasi merokok anda. Jika selama ini anda sudah biasa merokok di lokasi A, B, C, dll, kali ini lakukan hanya di lokasi A saja, dan jangan di lokasi lainnya.

8. GANTI merk rokok anda dengan merk yang tidak anda sukai.

9. MENYIBUKKAN diri sendiri. Saat tidak ada kerjaan, orang cenderung menyalakan batang rokoknya. Pastikan anda punya sesuatu untuk dikerjakan, apa saja, minimal selama 2 minggu pertama.

10. HINDARI stress. Sama saja ngajak ribut jika anda mencoba stop merokok kala lagi pindahan rumah, hendak menikah, mengikuti ujian, dll.

11. PIKIRKAN soal kesehatan, jangan rasa sakitnya. Jika anda merasa menderita saat mencoba stop merokok, itu pertanda bagus, indikasi jika tubuh mencoba terbebas dari rasa kecanduan yang mengekang anda selama ini. Terimalah semua perasaan menderita itu dengan lapang dada. Itu berarti anda menjadi lebih sehat dari sebelumnya.

12. BELANJAKAN uang anda. Belilah CD seminggu sekali, berlibur tiap 6 bulan sekali, mobil baru setahun sekali. Pikirkan seberapa banyak kesenangan yang bisa anda dapatkan dengan membelanjakan uang yang tadinya habis dipakai untuk beli rokok.

13. KANTUK DAN MUDAH MARAH adalah biasa saat mencoba stop merokok. Semua itu akan hilang seiring berjalannya waktu.

14. JANGAN KELAPARAN. Kadang rasa lapar suka disalahartikan sebagai keinginan merokok. Makanlah teratur agar tidak lapar.

15. HNDARI begadang malam hari. Kebutuhan terbesar akan nikotin adalah di malam hari.

Artikel ini diambil dari : www.kaskus.us

Artikel Terkait



4 comments:

Unknown October 27, 2009 at 2:25 PM  

salam sahabat
siip postingnya bermanfaat banget buat pembaca good luck n thnxs ya...

YanTsen October 27, 2009 at 4:10 PM  

@ dhana : Terima kasih sobat, Semoga bermanfaat bagi para pembaca

DHARMARAJ BHARATH October 28, 2009 at 7:42 AM  

I looking for a link exchange with you....Pls add me

http://purebloodrayne.blogspot.com

DHARMARAJ BHARATH October 28, 2009 at 7:42 AM  

I looking for a link exchange with you....Pls add me

http://purebloodrayne.blogspot.com

ARTIKEL PENGHASIL UANG

  © Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia Wild Birds by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP