Kenali Gejala Batuk Anda

Saturday, October 17, 2009

Salah satu keluhan yang sering diungkapkan pasien saat kedokter adalah gejala batuk. Sebenarnya batuk bukan penyakit, gejala ini merupakan gerakan refleks-reaksi otomatis dari tubuh untuk melindungi paru-paru jika ada benda asing yang masuk (selain udara) atau akibat suatu rangsangan pada saluran pernapasan. Penyebab bisa akibat lendir dan benda asing seperti makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk dapat menjadi gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi ditenggorokan.

Batuk dapat dikategorikan menjadi 2 jenis batuk, yaitu batuk berdahak dan batuk kering (tidak berdahak). Satu tambahan lagi, batuk yang terjadi karena alergi, yang sering terjadi karena perubahan cuaca. Menurut dr.Gusmiawaty, Product Executive Sea-Quill, ciri-ciri ketiga batuk diatas tidak sama. “Hal inilah yang sering tidak disadari oleh orang yang mengalami batuk, sebelum pergi memeriksakan diri kedokter”.


Batuk berdahak memiliki ciri ada lendir ditenggorokan. Sedangkan batuk kering biasanya tenggorokan terasa kering dan gatal, disebabkan oleh luka, dan pada akhirnya bisa menjadi radang tenggorokan. Untuk gejala umum batuk alergi adalah batuk berdahak disertai dengan pilek. Jika ditelaah kembali, batuk alergi memiliki faktor pemicu seperti alergi terhadap dingin dan debu. Apabila dihilangkan faktor pencetusnya, misalnya untuk penderita alergi dingin dengan pergi kedaerah panas, batuknya tidak akan terjadi.

DiIndonesia umumnya, jika orang menderita batuk, pertolongan pertama didapat dengan membeli obat batuk diapotik terdekat untuk membatu menanggulanginya. Dan obat yang dibeli terkadang tidak sesuai dengan ciri batuk yang dialami. Hal ini membuat manfaat obat itu menjadi tidak efektif, sebaiknya mengenali ciri batuknya termasuk jenis yang mana, dan membeli obat batuk yang sesuai, dan apabila terus berlanjut selama tiga hari sampai satu minggu, disarankan untuk pergi kedokter.

Obat batuk terus berkembang dengan munculnya variasi baru obat batuk yang mampu membantu mengurangi gejala dari batuk berdahak, kering dan alergi sekaligus. Obat batuk umumnya memiliki kandungan antibiotik untuk mematikan kuman. Tetapi jika pemakaian tidak benar, yaitu mengkonsumsi secara berlebihan dapat membuat kuman menjadi kebal terhadap antibiotik. Obat batuk yang mengandung antibiotik alami dari herbal adalah untuk mengurangi efek samping dari antibiotik kimia.

Bahan alami untuk rasa sirup (pada obat batuk sirup) sebaiknya terdiri dari bahan pelarut yang bebas gula dan alkohol, karena jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang ditakutkan akan menjadi pemicu diabetes. Selain efek sedatif (mengantuk) yang muncul dari obat batuk, ada juga efek yang tidak membuat mengantuk, cukup dengan efek relaksasi supaya badan terasa lebih santai. Dalam memilih jenis obat batuk, cermati dahulu gejala yang terjadi dan pilihlah obat batuk yang sesuai manfaatnya.

Artkel ini dikutip dari Sebuah Majalah Indonesia

Blog ini mengikuti kontes SEO astaga.com lifestyle on the net

Artikel Terkait



0 comments:

ARTIKEL PENGHASIL UANG

  © Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia Wild Birds by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP