CARA ANTISIPASI SIFAT PELUPA

Tuesday, September 15, 2009

Anda sudah belajar mati-matian. Ujian sebentar lagi berlangsung. Namun, tiba-tiba semua matra yang telah Anda pelajari, buyar begitu saja di hadapan kertas ujian. Hal ini terjadi karena sifat pelupa muncul pada saat-saat krusial.

Memiliki sifat pelupa memang menyebalkan. Biasanya sifat pelupa sering disematkan kepada orang-orang yang telah berusia lanjut. Namun, kini cukup banyak juga orang-orang muda yang memiliki sifat pelupa. Apalagi jika sifat ini muncul keyika Anda sedang menghadapi ujian.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya Anda tidak belejar ketika kondisi tubuh sedang lelah. Rasa lelah biasanya membust otak tidak dapat menerima ilmu pengetehuan dengan bener. Oeh sebab itu. Sebaiknya Anda beristirahat dulu sebelum melanjutkan belajar. Setelah kondisi tubuh terasa segar, barulah Anda dapat mulai belajar.

Selain itu, sebaiknya Anda pun tidak membiasakan diri melahap semua jenis pelajaran secara terus menerus. Aturlah waktu belajar secara efisien dengan beberapa jeda waktu untuk beristirahat. Sebab, jika anda memaksakan diri belajar berbagai macam materi tanpa istirahat, otak anda bisa-bisa terasa mau “meledak”.

Ya, bukan semakin pintar dan ingat, yang ada anda hanya akan pusing dengan berbagai macam materi yang berbaur jadi satu. Solusinya, untu memperlancar ingatan, cara praktisnya adalah dengan mengulang materi dan evaluasi. Selain itu, ketika sedang belajar, sebaiknya anda berkonsentrasi terhadap materi yang akan dipelajari.


Dikutip dari: Harian Kompas (klasika)

Artikel Terkait



1 comments:

Rihar Diana(dhana) October 15, 2009 at 11:08 AM  

salam sahabat
wah masa berat sich...makasih ya dah dateng ke tempatku..blog kamu siip banget....thnxs for infonya...good luck ya

ARTIKEL PENGHASIL UANG

  © Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia Wild Birds by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP