BILL GATES ADA DIBALIK BANK ANDARA

Sunday, October 11, 2009

Bill & Melinda Gates Foundation melalui Mercy Corps International membidik lini bisnis lembaga keuangan mikro dengan memberikan layanan jaringan berbasis teknologi informasi yang dijalankan oleh PT.Bank Andara.

Mercy Corps International sebelumnya mengakisisi 68% saham yang saat itu bernama Bank Sri Pharta senilai US$.34,34 juta. Dengan porsi dana sebesar US$.19,4 juta diantaranya bantuan dari yayasan Bill Gates itu.

Selanjutnya, Mercy menggandeng International Finance Corporation (19,9%), The Hivos Triodos Fund (17,45%) dan Catholic Organizations for Relief dan Development Aid (10,6%). Adapun pemilik lama I Wayan Gatha, menguasai 11,89%, sedangkan porsi Mercy sendiri saat ini menguasai 40,16%. Pemegang saham baru juga menunjuk Paulus Wiranata, mantan dirut BPTN, menjadi Direktur Utama Bank Andara.

Manajemen baru Bank Andara kemungkinan merombak sasaran lini bisnis dari bank retail menjadi konsen pada penyaluran kredit pada lembaga keuangan mikro (LKM) atau wholesale. Yang kini Bank Andara memiliki dana permodalan sebesar Rp.135,9 miliar.


Dikutip dari : Harian Bisnis Indonesia

Artikel Terkait



0 comments:

ARTIKEL PENGHASIL UANG

  © Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia Wild Birds by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP