KIAT JITU MENCARI KERJA

Wednesday, October 14, 2009

Mencari kerja di masa krisis seperti ini memang tidak mudah. Yang ada malah banyak pekerja yang terpaksa diberhentikan dari perusahaan. Untuk menyiasatinya, sebelum mencari pekerjaan, sebaiknya anda mempersiapkan diri terlebih dahulu sebaik mungkin. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan ketika akan melamar pekerjaan.

Pertama, siapkan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan. Ketidaklengkapan dokumen merupakan salah satu kesalahan fatal yang berakibat ditolaknya permohonan kerja. Selain itu, jangan lupa juga menggunakan kertas yang berkualitas baik. Semakin bersih dan rapi dokumen, maka surat lamaran kerja anda pun akan semakin dihargai.

Kedua, datang tepat waktu. Banyak perusahaan yang tidak menoleransi keterlambatan calon pelamar, khususnya ketika diundang untuk mengikuti serangkaian ujian. Untuk mengatasinya, cobalah anda survei tempat ujian sehari sebelum ujian. Lalu, ketika hari ujian berlangsung, sebaiknya anda datang paling tidak setengah jam lebih cepat.

Ketiga, berbicara dengan jelas dan tenang. Tahap wawancara merupakan salah satu tahap menentukan ketika melamar pekerjaan. Pada tahap ini, pewawancara akan bertanya sesuai dengan isi daftar riwayat hidup yang telah anda buat. Agar proses wawancara lancar, sebaiknya anda tidak melebih-lebihkan isi daftar riwayat hidup anda.

Keempat, perbanyak keahlian soft skill anda. Selain bidang ilmu yang dipelajari semasa kuliah, sebaiknya anda pun memiliki keahlian lain yang dapat menjadi nilai tambah perusahaan. Salah satu keahlian tersebut adalah keahlian ICT (Information, and Computer Technology).

Perkembangan ICT kedepan akan memberi manfaat efisien dan efektif bagi perusahaan untuk bertahan dalam krisis. Sumber daya manusia yang ahli dibidang ICT seperti, Networking, Programming, Database, Computerized Accounting, Web, Graphic desain, dan Animation, sangat diperlukan nantinya.


Artikel ini hasil kutipan dari beberapa media

Artikel Terkait



1 comments:

Rizkyzone November 13, 2009 at 12:29 PM  

wah bagus juga nih kiat kiatnya tp alangkah lebih bagus lagi kalau pas lagi baca iklan lowongan kerja

baca dlu ini

http://rizky2009.blogspot.com/2009/10/cara-membaca-iklan-lowongan-pekerjaan.html

ARTIKEL PENGHASIL UANG

  © Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia Wild Birds by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP