TIPS MERAWAT BAN KENDARAAN

Sunday, June 13, 2010

Roda mobil atau kaki-kaki merupakan bagian yang kerap menjadi sasaran untuk didandani. Diganti pelek atau menggunakan jenis ban berbada, dalam sekejap si roda empat pun tampak makin mantap.

Akan tetapi, tunggu dulu, penampilan garang tapi kalau kondisinya tidak terawat dapat membahayakan. Pasalnya, ketika berlari kencang, kestabilan berkendara antara lain ditentukan oleh kondisi kaki-kaki.

Sebaiknya anda memeriksa secara berkala kaki-kaki kendaraan. Bagian ini sering tidak mendapat perhatian dari penggunanya. Namun, perawatan dan perhatian pada bagian ini selain dapat meningkatkan tampilan mobil serta menghindarkan pengemudi dari kecelakaan, ban yang dirawat dengan apik juga dapat menghemat konsumsi bahan bakar.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk merawat ban mobil.

  •  Sudah sepatutnya setiap pemilik atau pengendara mobil mengetahui dan menghapal tekanan angin yang sesuai untuk ban mobil. Ukuran tekanan tersebut dapat dilihat pada stiker baigan pintu mobil atau pada buku manual kendaraan.
  •  Biasakan untuk memeriksa tekanan ban mobil kendaraan secara berkala, terutama saat ingin bepergian jauh. Untuk pengukuran yang valid, dapat dilakukan ketika suhu ban dingin.
  •  Perhatikanlah kembangan ban mobil, jika ban sudah gundul, sebaiknya diganti dengan ban yang baru.
  •  Usahakanlah untuk tidak melewati lubang yang besar ketika berada dijalanan. Hal ini dapat merusak ban dan menggangu keseimbangan mobil anda.
  •  Untuk mempertahankan masa pakai sebuah ban, anda dapat menyiasatinya dengan menukar antara ban depan dengan ban belakang. Rotasi ban ini dilakukan untuk menyeragamkan kondisi seluruh ban.
  •  Periksalah penutup pentil ban. Sebaiknya jangan mengendarai mobil jika ban tidak memiliki penutup pentil karena hal itu dapat menyebabkan kebocoran udara sehingga tekanan ban berkurang.
  •  Sesuaikanlah berat muatan dengan kapasitas mobil anda, karena jika berat muatan berlebih, maka akan memberikan tekanan berlebih pula pada ban sehingga dapat membahayakan pengendaranya.

Ban merupakan bagian yang penting dari sebuah mobil dan kendaraan. Tanpa ban, kendaraan tentu tidak akan bisa berjalan. Oleh karena itu, penting bagi setiap pemilik dan pengendara untuk merawat ban dengan sebaik-baiknya.

Artikel Terkait



ARTIKEL PENGHASIL UANG

  © Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia Wild Birds by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP